Apa itu Program Afiliasi dan Apa Keuntungannya?

Program afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda mendapat komisi apabila Anda berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk. Berbeda dengan reseller, karena reseller harus menjual sendiri produk yang dimaksud. Afiliasi juga dapat dilakukan oleh seorang influencer, misalnya youtuber atau platform yang lain.


Daftar Isi

  1. Apa itu Program Afiliasi
  2. Cara Kerja Program Afiliasi
  3. Keuntungan Program Afiliasi
  4. Kesimpulan


Apa Itu Program Afiliasi?

Program afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi apabila Anda berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk. Jumlah dari komisi yang Anda dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang Anda ikuti. Ada yang memberikan 5% atau 10% saja, tetapi ada juga yang memberikan bahkan sampai dengan 90%. Akan tetapi kita harus cermat, tidak semata-mata kepada prosentase saja, tetapi juga nominal, sistem, dan masih banyak lagi parameter yang harus kita cermati sebelum memutuskan menggunakan suatu produk sebagai materi afiliasi kita.

Gambar Simulasi Program Afiliasi

Cara Kerja Program Afiliasi

Mari kita bahas secara singkat dulu para pihak yang terlibat di dalamnya. Tiga pihak yang terlibat langsung dalam program afiliasi adalah:

Pemilik Produk: bisa merupakan perusahaan, vendor, penjual, dan lainnya. Merekalah yang mengeluarkan program afiliasi ini. 

Afiliator: orang yang mengikuti program afiliasi. Mereka bertugas memasarkan produk dari pemilik program afiliasi kepada calon konsumen.

Konsumen:  konsumen bisa membeli produk dari pemilik produk melalui afiliator.

Cara kerja program afiliasi adalah sebagai berikut:


1. Daftar Program Afiliasi

Untuk mengikuti program afiliasi, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran biasanya bisa dilakukan di website perusahaan tersebut.

Nah, setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan kode referral. Kode referral ini unik untuk setiap orangnya dan digunakan sebagai konfirmasi kalau konsumen memang membeli dari afiliator tersebut.

Oh ya, kadang justru Anda yang ditawari untuk mengikuti program afiliasi, lho. Penawaran program afiliasi ini biasanya terjadi pada influencer media sosial atau blogger trafik besar dengan tema pembahasan yang sesuai dengan produk afiliasi tersebut.


2. Promosi Produk Afiliasi

Agar bisnis afiliasi menghasilkan banyak komisi, Anda harus mempromosikan kode referral sehingga banyak yang orang beli. Promosi ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara:

Buat Review Produk di Blog

Anda bisa menulis artikel yang mereview suatu produk afiliasi. Tapi ingat, Anda harus mempertimbangkan kesesuaian tema blog dengan produk afiliasi. Usahakan target audiens blog dan target audiens produk afiliasi itu sama agar promosi Anda efektif.

Tulislah review yang apa adanya dan membahas pengalaman Anda menggunakan produk tersebut dengan mendalam. Jabarkan kelebihan dan kekurangannya, lalu akhiri dengan CTA kode referral Anda.

Untuk membuat review produk referral ini, Anda harus memiliki blog. Oleh karena itu, jika Anda belum punya blog, kami sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu. Blog ini adalah salah satu sarana penting untuk promosi kode referral Anda.

Walaupun begitu, jangan menaruh banner promo di setiap sisi website secara acak begitu saja. Karena ini bisa membuat pengunjung muak dan justru meninggalkan website Anda.

Usahakan untuk memasang banner di tempat-tempat strategis, misalnya di header atau di sisi samping blog. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan konten review produk dan menempatkan banner di akhir artikel sebagai CTA.


Media Sosial

Buat postingan di media sosial yang membahas produk afiliasi Anda. Mulai dari review singkat hingga posting ulang dari akun resmi pemilik produk. 

Usahakan Anda juga menerapkan strategi social media marketing agar promosi lebih efektif dan maksimal. Oleh karena itu, kami sarankan Anda mempelajari social media marketing.

Oh ya, jangan lupa juga untuk memasukkan CTA di dalam postingan Anda di media sosial. CTA ini bisa dalam bentuk caption di postingan atau mengarahkan ke bio untuk link referral.

Jika Anda mempunyai kanal YouTube, justru lebih baik lagi karena Anda bisa membuat video edukasi mengenai topik dari produk afiliasi tersebut. Kemudian, Anda bisa menyisipkan link referral di dalam video atau pada deskripsi video.

Promosi di forum online bisa Anda lakukan dengan menuliskan review singkat produk afiliasi. Atau bisa juga dengan ikut diskusi lalu menyisipkan link referral di komentar Anda.

Namun, satu hal yang harus Anda ingat bahwa berbeda forum berbeda pula aturan mainnya. Ada forum yang membolehkan promosi produk, ada pula forum yang melarang keras promosi dalam bentuk apapun. Jadi sebaiknya Anda baca dulu aturan di sana, ya.


3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda

Tujuan melakukan promosi afiliasi adalah agar orang-orang menggunakan kode referral Anda. Nah, jika ada yang menggunakan kode referral, konsumen mendapat diskon tambahan dan Anda sebagai afiliator mendapatkan komisi.

Oh ya, walaupun Anda mendapatkan komisi dari pembelian konsumen, bukan berarti harga produk yang dibeli konsumen akan lebih tinggi daripada harga normal. Umumnya, harganya sama saja bahkan ada yang lebih murah.


4. Dapatkan Komisi

Komisi akan didapatkan apabila ada yang menggunakan kode referral Anda. Nah di sini, Anda akan berbagi profit dengan pemilik produk.

Namun, untuk mendapatkan komisi tak melulu mengharuskan konsumen membeli suatu produk terlebih dahulu, lho. Tergantung dari perusahaannya, ada tiga jenis komisi dari program afiliasi:


Per Penjualan

Ini adalah jenis pembagian komisi yang umumnya diterapkan dalam program afiliasi. Setelah konsumen membeli produk melalui link referral, Anda akan diberikan komisi beberapa persen dari harga penjualan.

Dengan kata lain, orang-orang tak hanya harus mengklik link referral, lalu Anda akan langsung mendapatkan komisi. Namun, mereka wajib melakukan pembelian terlebih dahulu dan menjadi konsumen dari perusahaan pemilik produk.


Per Klik

Seperti namanya, komisi ini dibayarkan apabila ada orang yang mengklik link referral. Biasanya, link referral akan mengarahkan mereka ke website pemilik produk. Jadi bisa dikatakan bahwa komisi per klik ini dibayarkan berdasar peningkatan trafik website dari pemilik produk.


Keuntungan Program Afiliasi

Apa saja keuntungan afiliasi? Banyak. Contohnya seperti penghasilan pasif dan jam kerja yang fleksibel.

Penasaran kan apa saja keuntungan dari program afiliasi? Berikut adalah enam manfaat yang akan Anda rasakan jika menjadi seorang Afiliator!


1. Penghasilan Pasif

Suatu pekerjaan pada umumnya mengharuskan Anda untuk berada di tempat kerja untuk mendapatkan uang. Sementara dengan program afiliasi, Anda akan tetap mendapatkan uang saat tidur sekalipun.

Promosi yang Anda lakukan di awal akan tetap berada di sana selamanya (kecuali jika Anda menghapusnya). Ini membuat uang tetap masuk berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan setelahnya.

Anda tak perlu berada di depan komputer untuk mendapatkan uang. Cukup duduk manis dan uang akan datang dengan sendirinya.


2. Modal Kecil

Perusahaan penyedia program afiliasi itu ada dua jenis. Pertama adalah perusahaan yang tak memberikan syarat wajib membeli produk mereka terlebih dahulu untuk mendaftar program afiliasi.

Sedangkan jenis kedua, perusahaan mewajibkan Anda untuk membeli produknya agar bisa ikut di program afiliasi mereka.

Untuk jenis kedua, sebaiknya pilihlah produk yang memang sedang Anda butuhkan. Jadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan pribadi sekaligus mendapatkan uang dari produk yang orang beli dari program afiliasi.


3. Kerja dari Rumah

Anda bisa menjalankan strategi promosi link referral dari mana saja, termasuk dari sofa di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan laptop/smartphone. Jadi, afiliasi adalah jenis pekerjaan sempurna bagi Anda yang tak suka bekerja kantoran. 


4. Jam Kerja Fleksibel

Anda tak terikat kontrak yang mengharuskan untuk mempromosikan program afiliasi setiap hari dari jam tertentu layaknya bekerja kantoran. Jadi, Anda sendirilah yang menentukan kapan saatnya promosi dan kapan saatnya bersantai. 


5. Bisa Ikut Banyak Program Afiliasi

Anda mungkin merasa kalau mendaftar satu program afiliasi saja masih tidak cukup. Nah, tak perlu pusing karena Anda bisa ikut program afiliasi dari perusahaan lainnya di saat yang sama. 

Anda bisa mendaftar ke tiga atau empat program afiliasi sekaligus, selama memang tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan lainnya. Jadi, pastikan Anda membaca syaratnya terlebih dahulu agar tidak terkena konsekuensi di masa depan.


6. Penghasilan Murni dari Kerja Keras Anda

Pada pekerjaan lain, Anda bisa saja bekerja hingga 80 jam per minggu dan masih menghasilkan gaji yang sama. Hal ini tak berlaku apabila Anda ikut program afiliasi.

Uang yang didapatkan dari bisnis afiliasi itu tergantung sepenuhnya dari kerja keras usaha Anda melakukan promosi. Dengan kata lain, semakin niat usaha Anda, semakin besar pula hasil yang akan didapatkan.


Kesimpulan

Afiliasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang yang sangat flesibel. Fleksibel karena tidak ada jam kerja yang mengikat dan tidak ada keharusan atau kewajiban layaknya seorang karyawan atau pegawai pada perusahaan tertentu. Tidak ada target sama sekali, tetapi semua penghasilan adalah berasal dari usaha dan kerja Anda sendiri.

Setelah mendaftar afiliasi, lalu Anda diamkan saja, maka tidak akan ada uang yang masuk ke rekening Anda. Anda tetap harus meluangkan waktu untuk mengelola usaha afiliasi Anda, tentunya dengan waktu yang sangat fleksibel.

Untuk potensi pendapatannya boleh dibilang sangat luas. Bisa saja 0, dalam arti  Anda tidak mendapatkan sepeser pun, tetapi juga bisa mendapatkan jutaan atau bahkan puluhan juta per bulan, semuanya tergantung dari aktivitas Anda sendiri.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Translate

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *