Pengertian Statistik Parametrik dan Contohnya

Pada prinsipnya ada dua jenis alat uji statistik yaitu statistik parametrik dan statistik non parametrik. Statistik parametrik adalah alat uji statistik yang dikenakan pada data berskala interval atau rasio dan memenuhi syarat-syarat tertentu. Kondisi atau syarat-syarat uji parametrik meliputi:

  1. Observasi harus independen dan pengukurannya tidak boleh bias.
  2. Observasi diambil dari populasi yang berdistribusi normal.
  3. Jika berkaitan dengan lebih dari satu grup, maka harus memiliki varians yang sama.
  4. Variabel yang dipergunakan harus berskala rasio atau interval.

Statistik Parametrik

Jika keempat kondisi di atas terpenuhi, maka dapat dikenai statistik parametrik. Jika tidak terpenuhi, maka digunakan statistik non parametrik. Secara umum, statistik parametrik juga meliputi statistik deskriptif, statistik komparasi dan statistik inferensial. Statistik komparasi atau uji beda dalam statistik parametrik misalnya one sample t test, paired test, independent sample t test, ANOVA dan lain-lain. Sedangkan untuk statistik inferensial, kita mengenal korelasi Pearson, analisis regresi linear, structural equation modeling dan masih banyak lagi.

Baik parametrik maupun non parametrik mempunyai keunggulan masing-masing. Keduanya saling melengkapi dan diharapkan suatu saat, akan ada metode analisis atau alat bantu atau software yang mampu menganalisis model statistik yang bisa mengatasi berbagai permasalahan pada masing-masing metode.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Translate

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *