Uji Homogenitas Levene dengan SPSS Versi 26

Uji homogenitas adalah uji untuk melihat apakah terdapat perbedaan varians di antara dua sampel atau lebih. Sering juga disebut homoskedastisitas. Uji ini dipergunakan jika peneliti ingin melihat perbedaan varians di antara dua sampel atau lebih atau untuk menentukan metode atau uji statistik yang akan dipergunakan lebih lanjut. Levene Test adalah salah satu uji homogenitas yang sering dipergunakan, di samping uji yang lain, misalnya Uji Fisher atau Uji Bartlett. Mari kita belajar bersama tentang uji Levene ini.

Uji Levene pada Independent Samples Test


Daftar Isi

  1. Uji Homogenitas
  2. Uji Levene pada One Way ANOVA
  3. Uji Levene pada Independent Samples Test
  4. Uji Levene pada Explore
  5. Kesimpulan

Uji Homogenitas
Uji homogenitas sering dilakukan untuk melihat apakah distribusi data mempunyai kesamaan varians atau tidak. Ada beberapa uji homogenitas yang ada, dan kali ini kita akan membahas uji homogenitas dengan Uji Levene atau Levene's Test. Pada program SPSS uji Levene setidaknya muncul di One Way ANOVA, Independent Samples Test dan pada Explore. Mari kita lihat satu persatu.



Uji Levene pada One Way ANOVA
One Way ANOVA dipergunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara dua atau lebih sampel. Karena memang namanya ANOVA = Analysis of Variance maka memang menggunakan varians sebagai dasar untuk menentukan diterima atau tidaknya sebuah hipotesis. Pada uji ini juga menyertakan uji homogenitas atau homogeinity of variace. Untuk artikel selengkapnya silahkan simak di uji homogenitas pada One Way ANOVA dengan SPSS Versi 23.



Uji Levene pada Independent Samples Test
Independent Samples Test adalah uji untuk melihat apakah dua sampel yang tidak berkorelasi (independent) mempunyai perbedaan atau tidak. Ini termasuk statistik parametrik karena menentukan perbedaan berdasarkan nilai rata-rata dari kedua sampel atau grup. Di sini juga ada menu uji homogenitas dengan Levene's Test. Output pada Independent Samples Test ada dua, di mana yang satu adalah jika kedua sampel mempunyai varians yang equal dan yang satu jika keduanya mempunyai varians yang tidak equal. Uji Homogenitas dengan Levene's Test pada Independent Samples Test selengkapnya ada di sini



Uji Levene pada Explore
Sesuai dengan namanya, Explore, maka sebenarnya menu bukan merupakan uji khusus secara statistik. Pada menu ini akan tersedia menu bagi peneliti untuk mengeksplorasi data sehingga bisa memberikan justifikasi penting bagi peneliti. Dengan menu ini peneliti bisa mengetahui normalitas data, homogenitas, mencari outliers atau pencilan data dan lain-lain. Untuk mencari homogenitas data dengan menu Explore pada SPSS selengkapnya ada di sini



Kesimpulan
Dari artikel di atas kita dapat melihat bahwa terdapat banyak menu pada SPSS yang memungkinkan peneliti untuk mencari homogenitas data dengan Levene'Test. Tidak ada yang lebih baik dibandingkan dengan menu yang lain karena semuanya tergantung dari keperluan dan justifikasi peneliti.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca dulu sebelum tulis komentar:

Sebelum menuliskan pertanyaan, mohon disimak tanya jawab yang ada terlebih dahulu. Pertanyaan yang sama atau senada biasanya tidak terjawab. Untuk pengguna Blogger mohon profil diaktifkan agar tidak menjadi dead link. Atau simak dulu di Mengapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Simak juga Channel kami di Statistik TV
Komentar akan kami moderasi dulu sebelum ditampilkan. Aktifkan Akun Google Anda.

Terima kasih.

Artikel Terbaru

Translate

Artikel Terbaru

Tutorial Cara Download File dari Google Drive

Dalam artikel sebelumnya telah kita sampaikan bahwa jika menginginkan file yang dipergunakan dalam simulasi di blog ini dapat di download di...

Artikel Populer Seminggu Terakhir

Komentar Terbaru

`

Ingin menghubungi kami untuk kerja sama?

Nama

Email *

Pesan *